Trend Mobile 2013: iOS, Android, Windows 8, atau...

Teknologi informasi terus berkembang dan semakin mempengaruhi cara kita bekerja dan cara Baca Lagi ...

Fitur "Pencari" Apple dan Twitter Resahkan Google

Fitur layanan perintah suara, Siri pada iPhone dan mesin pencari di Twitter telah membuat Baca Lagi ...

Dongkrak Bing, Microsoft Dompleng Firefox

Jakarta - Mesin pencari besutan Microsoft akan memiliki 'posisi' sendiri di browser Firefox Baca Lagi ...

Google Bantu HTC Lawan Apple

WASHINGTON - Kisruh pelanggaran hak paten antara produsen ponsel pintar dunia kian memanas Baca Lagi ...

Web Merevolusi Internet

Mengakses situs web di internet pastinya telah menjadi keseharian Anda. Tapi tahukah Anda, internet Baca Lagi ...

Trend Mobile 2013: iOS, Android, Windows 8, atau BB 10

Senin, 31 Desember 2012 22:09

Inilah 6 Trend Digital di 2013

PELUNCURAN iPHONE 5 - Direktur Indosat, Erik Meijer (kiri) bersama CEO Indosat, Alexander Rusli (kanan) berfoto bersama pemilik pertama iPhone 5 yang menggunakan kartu Indosat, Desi Halihah (dua kiri) dan Aristyo Bawono saat peluncuran di Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2012). Peluncuran seri terbaru iphone ini serentak dilakukan diseluruh Indonesia, yang dibandrol dari harga Rp 4 juta hingga Rp 6 juta.
Teknologi informasi terus berkembang dan semakin mempengaruhi cara kita bekerja dan cara hidup kita (how we work and live). 

Bagamaina trend teknologi informasi atau internet di tahun 2013?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kami melansir ulasan David Armano, Managing Director Edelman Digital, perusahaan digital yang berbasis di Chicago, Amerika Serikat.


Inilah enam trend di 2013:

The Content Economy

Content (isi) akan menjadi aset paling berharga perusahaan pada 2013. Terima kasih kepada Google yang terus memperbaiki algoritma agar user mendapatkan apa yang dia cari dengan cepat dan dengan persisi yang tinggi.
Anda memproduksi konten dan Google menyajikannya melalui search result.
"In 2013, content will not only be king, but queen, prince and jester, too," tulis Edelman.

Cyborg Central

Dulu kita mengenai personal computer untuk membedakan dengan company computer. Sekarang makna personal computer benar-benar berbeda. Sangat personal, terutama karena setting yang bersifat personal.

Handphone atau mobile phone benar-benar sangat personal karena dia mendeteksi di mana Anda berada. Ski Googles tidak hanya mendeteksi Anda di mana tapi seberapa cepat Anda bergerak.

The Smobile Web

Social + mobile = “smobile.”
Smobile bermakna, customer, coworker, dan kolega mengharapkan pengalaman digital dioptimalkan untuk mobile atau social sharing --sebagai dampak dari berkurangnya waktu bersama PC dan televisi.

Smobile juga adalah gejala di mana Anda memotret via mobile dan mendistribusikannya melalui perangkat mobile. Instagram dan Blog sudah siap.

Sensory Intelligence

Teknologinya sudah ada dan akan semakin berkembang. Simak: Manakala Anda memarkir mobil, sensor akan berbunyi manakala ada obyek di belakang. Cara kerja yang sama akan dipakai di rumah, bahkan pakaian atau tanaman.

Misalnya begini. Anda merencanakan tanaman mesti disiram. Pasang perangkatnya, lalu katakanlah "tweet" via twitter, dan air akan mengucur. Taman pun berterima kasih pada teknologi sensor.

Social Commerce

e-Commerce adalah istilah bisnis yang mengacu pada transaksi jual-beli melalui perantaraan internet. Aslinya bisnis: niatnya, perangkatnya, sistemnya.

Yang akan tumbuh di 2013 adalah social commerce, yakni jual-beli yang memanfaatkan berbagai perangkat social media yang gratis..

Data Surplus, Insight Deficit

Facebook memperkenalkan fitur baru. Namanya "Photo Sync". Ini alat yang bisa mensikronkan koleksi foto di mobile device ke Facebook.
Foto adalah salah satu unsur penting dari data. Biasanya, pelaku social media tidak terlalu peduli kepada data. Sekarang, di 2013, bagaimana kalau data di-monetize (dioptimasi sehingga bisa menjadi sumber pendapatan).

Trend Internet 2013: Brand sebagai Publisher

Salah satu trend digital 2013 yang dikutip dari Adweek adalah kecenderungan "brand as publisher". 

Secara "tradisional", publisher adalah pengelola media seperti surat kabar, majalah, televisi, dan portal berita.
Di tahun 2013, kecenderungan pemilik brand sebagai publisher menguat.

Adweek memberi contoh. Tahun 2012, merek-merek seperti IBM, Amazon, bahkan Unilever mulai bertindak dan melihat diri mereka sebagai publisher.

Kecenderungan sebagai publisher itu merupakan salah satu jawaban dari pemilik merek terhadap fenomena social media.

"Agencies (pemilik merek) perlu mengorganisir mereka sendiri di sekitar konsumen," kata Paul Polman, Chief Executive Unilever

Trend Internet 2013: Eranya Mobile Bukan PC

Apakah personal computer (PC) akan semakin dikalahkan oleh mobile (smartphone) pada 2013? Melansir prediksi The Social Media Monthly yang melaporkan, salah trend kuat di 2013 adalah mobile.

Pertumbuhan penjualan smartphone yang jauh lebih tinggi dari PC, suatu gejala yang semakin memperkuat kecenderungan mobile sebagai cara utama terkoneksi dengan internet.

Jika Anda adalah developer aplikasi, perhatikanlah bahwa, di tengah pertumbuhan pengakses internet lewat mobile yang semakin tinggi, Anda harus mulai mempersiapkan model bisnis yang pas.

Digitaltrends.com juga melihat menguatnya trend mobile di 2013. "In 2013 smartphones and tablets will surpass PCs to become the most commonly used devices for accessing the Internet," begitu TRIBUNnews.com mengutip artikel di Digitaltrends.com.

Ke dalam mobile ada handphone pintar dan tablet. Dua perangkat ini mengalahkan PC sebagai cara mengakses internet.

Beberapa pengelola website besar sekarang fokus ke versi mobile.

Trend Mobile 2013: iOS, Android, Windows 8, atau BB 10

Tahun 2012 merupakan tahun kompetisi sistem operasi smartphone iOS dari Apple dan Android dari Google.

Pada 2013, dua penantang siap-siap: Windows Phone 8 dari Microsoft dan BlackBerry 10 dari RIM (produsen BlackBerry).

Saat ini, generasi terbaru handphone cerdas, iPhone 5 (Apple, iOS) dan Galaxy S4 (Samsung, Android) sedang bertarung.

Pemimpin pasar adalah Samsung, disusul iPhone.

Mengutip Digital Trends yang melaporkan ini kemungkinan pesaing baru: Kita telah lama mendengar handphone cerdas dari Amazon atau WP8 dari Microsoft. HTC, LG, dan Sony juga siap-siap memperebutkan tempat ketiga setelah Samsung dan iPhone Apple.

sumber : tribun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar