Trend Mobile 2013: iOS, Android, Windows 8, atau...

Teknologi informasi terus berkembang dan semakin mempengaruhi cara kita bekerja dan cara Baca Lagi ...

Fitur "Pencari" Apple dan Twitter Resahkan Google

Fitur layanan perintah suara, Siri pada iPhone dan mesin pencari di Twitter telah membuat Baca Lagi ...

Dongkrak Bing, Microsoft Dompleng Firefox

Jakarta - Mesin pencari besutan Microsoft akan memiliki 'posisi' sendiri di browser Firefox Baca Lagi ...

Google Bantu HTC Lawan Apple

WASHINGTON - Kisruh pelanggaran hak paten antara produsen ponsel pintar dunia kian memanas Baca Lagi ...

Web Merevolusi Internet

Mengakses situs web di internet pastinya telah menjadi keseharian Anda. Tapi tahukah Anda, internet Baca Lagi ...

Windows 8, Senjata Microsoft Lawan Apple dan Google

Minggu, 19 Juni 2011 19:09 WIB

MICROSOFT memiliki rencana besar untuk Windows 8. Sistem operasi itu dirancang agar dapat bekerja pada berbagai jenis perangkat, dari mulai komputer tablet yang berlayar mini sampai komputer bermonitor besar.

Konsep kali ini jelas berbeda dengan generasi sebelumnya, Windows 7, yang didesain khusus untuk pemakaian pada komputer. Meski tidak dibuat untuk komputer tablet, Windows 7 memang dapat beroperasi pada gadget tersebut. Namun, konsumsi baterainya besar.

Windows 8 sepertinya akan menjadi senjata Microsoft untuk mengangkat pangsa pasar web browser mereka yang turun di bawah 90%. Penurunan terbesar disebabkan kekalahan melawan sistem operasi iOS besutan Apple dan Android Google. Data tersebut menunjukkan kalau pasar perangkat bergerak mulai menyaingi komputer. Jumlahnya memang belum terlalu besar. Namun pertumbuhannya luar biasa.

Pasar browsing iPhone tumbuh dari 0,53% menjadi 1,23% dalam setahun. iPad terus tumbuh dari 0% menjadi hampir mendekati 1%. Pertanyaan yang muncul, apakah Microsoft dapat memenangkan kompetisi melawan Apple dan Google? Seperti dirilis techradar.com, Microsoft sepertinya memiliki arah bisnis yang berbeda dengan mayoritas industri. Ketika perusahaan lain sibuk merancang sistem operasi untuk ponsel cerdas (smartphone), Microsoft tetap bertahan membuat sistem operasi untuk komputer.

Mereka juga seperti tidak memikirkan bagaimana caranya agar sistem operasi tersebut dapat bekerja di perangkat bergerak. Namun, arah bisnis Microsoft kelihatannya mulai berubah. Windows 8 akan berjalan pada prosesor ARM. Semestinya, kemampuan Windows bekerja pada prosesor yang banyak ditemui di perangkat bergerak itu dapat mengatasi problem baterai boros.

Kemudian, komputer tablet bersistem operasi Windows 8 juga bisa menjalankan peranti lunak seperti Excel. Perubahan arah bisnis Microsoft itu juga masih diragukan akan mampu mengangkat kembali pangsa pasar mereka. Bagian terpenting komputer tablet kesederhanaan. Artinya, Microsoft sebaiknya mendesain ulang antarmuka mereka menjadi lebih sederhana.



Dre@ming Post______
sumber : MICOM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar